Syari'ah

Cara Islam Menjaga Kita dengan Adab Berpakaian

Cara Islam Menjaga Kita dengan Adab Berpakaian – Assalamualaikum Sahabat RiRi! Islam memang tidak menentukan model pakaian tertentu bagi ummatnya. Tapi, agama memberikan aturan dan batas-batasnya. Artinya, kita boleh lho berkreasi dengan pakaian kita, asalkan tetap sesuai dengan ajaran islam. Seperti yang disampaikan pada ayat berikut ini :

يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ قَدْ أَنزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَٰرِى سَوْءَٰتِكُمْ وَرِيشًا ۖ وَلِبَاسُ ٱلتَّقْوَىٰ ذَٰلِكَ خَيْرٌ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat. QS. Al A’raf : 26

Agar tetap stylish namun juga sesuai dengan syari’at, yuk intip adab-adab berpakaian menurut islam yang penting untuk kita ikuti!

Menutup aurat

Sahabat Riri, menutup aurat adalah poin penting dalam berpakaian menurut aturan Islam. Perintah menutup aurat ini tertuang pada banyak ayat Al Qur’an, lho. Salah satunya ayat yang telah kita baca di atas. Batasan aurat yang umum diketahui untuk laki-laki adalah menutup pusar hingga lutut. Sedangkan untuk wanita adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Selain sesuai dengan syari’at, kita juga akan merasa lebih nyaman ketika menggunakan pakaian yang menutup aurat.

Pakaian longgar, tidak tipis dan tidak transparan

Tidak hanya menutup aurat, Islam juga mensyariatkan kita untuk menggunakan pakaian yang longgar, tidak tipis dan tidak transparan. Tentu saja tujuannya kembali agar kita dapat menutup aurat dengan sempurna. Baju yang longgar juga akan terasa nyaman dan kita bisa lebih bebas bergerak bukan?

Untuk menghindari baju yang tipis/transparan, kamu bisa memilih bahan-bahan tebal namun tetap ringan dan sejuk seperti bahan katun pada koleksi RBM RiRi.

Tidak menyerupai pakaian lawan jenis

Sahabat RiRi, taukah Anda bahwa haram hukumnya jika seorang laki-laki berpakaian seperti wanita, dan begitupun sebaliknya. Hal ini tercantum pada suatu hadist shahih yang berbunyi :

“Rasulullah melaknat kaum pria yang menyerupai kaum wanita dan kaum wanita yang menyerupai kaum pria.” (HR. Bukhari)

Dahulukan dengan membaca doa

Seperti yang sering sekali diriwayatkan, ada baiknya Sahabat RiRi selalu berdoa atau menyebut nama Allah sebelum hendak melakukan sesuatu. Hal ini selalu dicontohkan oleh Rasulullah, lho. Sama halnya dengan memakai pakaian. Bacalah basmalah dan doa memakai pakaian. Lalu mulai memakainya dari bagian kanan.

Nah, Sahabat RiRi, itulah adab-adab berpakaian dalam Islam. Mudah, kan? Selain mudah, adab-adab yang diajarkan ini juga membuat kita lebih nyaman, tenang dan terjaga dalam berpakaian. Kamu bisa menemukan pilihan pakaian yang stylish namun tetap sesuai dengan syari’at di RBM RiRi, lho. Dapatkan koleksi busana muslim berkualitas hanya di RBM RiRi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *